Sabtu, 24 Desember 2011

MAKALAH KEBUDAYAAN POPULER

Sejarah Blackberry
Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam mengejutkan dunia.
Blackberry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Di Indonesia, Starhub menjadi bagian dari layanan dalam segala hal teknis mengenai instalasi Blackberry melalui operator Indosat. Indosat menyediakan layanan Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server
Pasar Blackberry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelkom dan Telkomsel. Excelkom menyediakan dua pilihan layanan yaitu Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server+ (BES+).
BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam. Sementara, operator Telkomsel hanya menyediakan Blackberry sebagai bagian dari layanan korporasi dengan Blackberry Enterprise Server.
Pada awalnya, layanan Blackberry hanya bisa diakses melalui smartphone Blackberry saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ketiga operator ini telah menyediakan fasilitas Blackberry Connect yang memungkinkan Blackberry Internet Solution diakses melalui smartphone jenis lain seperti Nokia (N-9500, N-9300, N-9300i, E61. E71), Sony Ericsson P910i, M600i.
Sejauh ini, fasilitas Blackberry memang baru dimanfaatkan oleh para pengguna pribadi dan korporasi, belum merambah hingga bidang pemerintahan dan intelijen seperti di negara-negara lain.







PRODUK UNGGUL BLACKBERRY

Produk yang menjadi andalan utama dan membuat Blackberry digemari di pasar adalah surat-e gegas (push e-mail). Produk ini mendapat sebutan surat-e gegas karena seluruh surat-e baru, daftar kontak, dan informasi jadwal (calendar) “didorong” masuk ke dalam Blackberry secara otomatis.
Seperti yang telah disebutkan di atas mengenai keunggulan dari Blackberry, yaitu push e-mail. Dengan push e-mail semua e-mail masuk dapat diteruskan langsung ke ponsel. E-mail juga sudah mengalami proses kompresi dan scan di server Blackberry sehingga aman dari virus. Lampiran file berupa dokumen Microsoft office dan PDF dapat dibuka dengan mudah. sebuah e-mail berukuran 1 MB, jika diterima melalui push e-mail dapat menjadi 10 kb dengan isi yang tetap. (RBA4762)
Pengguna tidak perlu mengakses internet terlebih dulu dan membuka satu persatu surat-e yang masuk, atau pemeriksaan surat-e baru. Hal ini dimungkinkan karena pengguna akan terhubung secara terus-menerus dengan dunia maya melalui jaringan telepon seluler yang tersedia. Alat penyimpanan juga memungkinkan para pengguna untuk mengakses data yang sampai ketika berada di luar layanan jangkauan nirkabel. Begitu pengguna terhubung lagi, Blackberry Enterprise Server akan menyampaikan data terbaru yang masuk.
Kelebihan lainya adalah kemampuan Blackberry yang dapat menampung e-mail hingga puluhan ribu tanpa ada risiko hang, asalkan masih ada memory tersisa.
Blackberry juga bisa digunakan untuk chatting. Mirip dengan Yahoo Messenger, namun dilakukan melalui jaringan Blackberry dengan memasukan nomor identitas.
Semua layanan Blackberry ini dikenal sangat aman baik e-mail, chatting, maupun browsing. untuk browsing internet data-data dari website sudah dikompresi sehingga lebih cepat dibuka.
Fasilitas lain yang menjadi andalan Blackberry adalah pesan instan. Yahoo Messenger, Google Talk dan Skype kini telah menjadi rekanan dengan Blackberry. Teknologi terkini memang memungkinkan kita untuk “mengobrol” (chatting) di internet melalui telepon genggam dan Personal Digital Assistant (PDA). Tetapi yang berbeda pada Blackberry adalah proses instalasi lengkap yang bisa dilakukan nya melalui jaringan nirkabel.
Melihat fenomena Blackberry yang digemari masyarakat karena keunggulan fasilitas komunikasinya, membuat banyak perusahaan IT berkembang dan berlomba-lomba menciptakan

aplikasi yang paling mutakhir untuk pengguna blackberry. Salah satu diantaranya adalah aplikasi Intar.
Keunggulan lain juga hadir melalui teknologi kompresi yang menyebabkan biaya akses menjadi murah dan pemberitahuan jawaban pesan melalui tanda getar pada Blackberry.
Penggunaan Blackberry semakin meluas dengan hadirnya fasilitas koneksi Blackberry (Blackberry Connect). Dengan Blackberry Connect, pengguna tidak lagi harus menggunakan perangkat genggam Blackberry untuk memanfaatkan Blackberry Internet Solution. Pengguna hanya perlu menginstalasi Blackberry Connect pada smartphone merek apapun yang dimiliki, kita bisa memanfaatkan Blackberry Internet Solution.
Pengguna Blackberry handset non BlackBerry terdapat perbedaan dengan handset blackberry dimana Untuk handset non BlackBerry apabila aplikasinya membutuhkan koneksi GPRS/EDGE/3G maka koneksi akan dikenakan biaya GPRS sesuai operator..












PERANGKAT LUNAK BLACKBERRY
Blackberry menyediakan berbagai perangkat lunak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan operasi.
BlackberryEnterpriseServer(BES)
Perangkat genggam Blackberry terintegrasi pada sistem e-mail yang terorganisasi melalui paket perangkat lunak yang disebut Blackberry Enterprise System (BES). BES dapat digunakan oleh jaringan e-mail yang berbasis Microsoft Exchange, Lotus Domino, dan Novell Group Wise. Khusus pada pengguna individu, mereka dapat menggunakan layanan e-mail nirkabel yang disediakan oleh provider tanpa harus menginstalasi BES. Para pengguna individu dapat menggunakan Blackberry Internet Solution tanpa harus menginstalasi BES di smartphone mereka. BES memang ditujukan bagi pelanggan korporasi dengan cakupan usaha yang besar. Perangkat lunak ini mengintegrasikan seluruh smartphone Blackberry pada suatu organisasi dengan sistem perusahaan yang telah ada. Keuntungan yang diperoleh adalah memperluas komunikasi nirkabel dan data perusahaan kepada pengguna aktif dengan cara yang aman.

BlackBerryProfessionalSoftware(BPS)
BPS merupakan komunikasi nirkabel dan kolaborasi solusi bagi usaha kecil dan menengah. Ia menghadirkan berbagai fitur yang dibutuhkan karyawan, dalam sebuah paket yang mudah dipasang dan harga yang lebih murah.

BlackBerryInternetService(BIS)
Perangkat lunak yang diperuntukkan bagi pengguna pribadi ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan smartphone dengan 10 akun e-mail yang berbasis Post Office Protocol (POP3) dan Internet Message Access Protocol (IMAP), menerima dan mengirim pesan instan, serta berselancar di Internet. Dengan BIS, kita juga dapat membuka tambahan data (attachment) dalam bentuk excel, word, powerpoint, pdf, zip, jpg, gif dengan tingkat kompresi data yang tinggi.
BlackBerryMobileDataSystem(BlackBerryMDS
sebuah aplikasi optimisasi pengembangan kerangka kerja untuk BlackBerry Enterprise Solution, menyediakan Anda sebuah alat pengembangan untuk membangun, menyebarluaskan, serta mengatur interaksi antara BlackBerry smartphones dan aplikasi perusahaan.


Penyebaran Blackberry

Belakangan ini, dunia telekomunikasi telah digemparkan oleh hadirnya alat komunikasi baru yang merupakan penggabungan dari seluruh fungsi smartphone. Koneksi WiFi, GPRS, EDGE, HSDPA, Bluetooth, infrared adalah syarat utama sebuah handphone yang menyandang titel smartphone. Tak heran jika kemanapun kita sekarang melangkah, kita akan menemukan orang-orang yang tengah asik menggerakan jari jemarinya untuk berpetualang dengan dunia diluar dunia keberadaanya saat itu, atau di dalam “dunia Blackberry”. Blackberry atau yang lebih dikenal dengan sebutan “BB”, sepertinya saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan utama, layaknya sandang, pangan dan papan. Atau mungkin bahkan lebih ekstrim lagi diatas dari ketiga kebutuhan primer diatas.
Lalu apa yang sebenarnya dimaksud dengan Blackberry itu? Dikutip dari Wikipedia.com, Blackberry adalah alat komunikasi nirkabel yang mendukung fasilitas push e-mail, internet, telepon, SMS, semua dalam satu alat. Blackberry adalah sebuah brand yang diciptakan perusahaan Kanada, Research in Motion.
Awalnya, Blackberry digunakan untuk pager dua arah pada 1999. Blackberry sudah memasuki pasar Indonesia lebih dari tiga tahun yang lalu. Namun, awalnya berfokus pada korporat, baru sekarang ini menjajaki pasar ritel. Sejauh ini sudah lebih dari 50 tipe Blackberry yang sudah dan akan beredar di dunia.
Menurut salah satu survey penelitian mengenai pemakaian produk Blackberry, Jumlah pengguna layanan Blackberry di Indonesia diperkirakan yang terbesar di Asia Tenggara dan nomor empat di dunia! (Fantastic, bukan??). Hal tersebut juga terjadi pada kalangan-kalangan muda, terutama kalangan mahasiswa. Hal ini dapat terlihat dari tingginya antusiasme mahasiswa terhadap barang yang kini tengah menjadi trend tersendiri. Melihat banyaknya kalangan mahasiswa yang menggunakan smartphone ini, kemudian menimbulkan pertanyaan apakah yang menjadi alasan para kalangan muda tersebut unuk memilih Blackberry sebagai alat komunikasi mereka? Apakah karena faktor kebutuhan atau hanya sekedar mengikuti dorongan lingkungan untuk mengikuti setiap trend yang berkembang?
Jika dilihat dari tingginya angka penggunaan Blackberry, hal tersebut tidak dapat dipisahkan dari proses mempersepsikan produk tersebut hingga akhirnya sampai pada perwujudan perilaku membeli mahasiswa tersebut.
Perilaku konsumen untuk membeli berbagai kebutuhannya kemudian telah didorong oleh beberapa factor, salah satunya adalah factor persepsi konsumen itu sendiri terhadap sebuah citra produk yang ditawarkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa citra merk sebuah produk tadi telah menjadi magnet yang kuat untuk mendorong konsumen untuk membeli barang-barang, baik dari segi kebutuhan maupun dari segi penilaian konsumen dari produk itu sendiri.
Sebegitu pentingnya proses persepsi konsumen terhadap citra merk suatu produk dapat terlihat saat seorang individu telah memberikan persepsi positif pada suatu citra merk barang, maka ia juga akan memiliki nilai asosiatif yang positif pula pada produk tersebut. Hal ini kemudian dianggap penting karena walaupun yang dihasilkan oleh produsen adalah produk, namun yang dibeli oleh individu tersebut selaku konsumen adalah brand atau merk dari barang tersebut (Klein dalam Ivan Gunawan,2003 : 4).
Begitu pentingnya “harga” suatu merek barang telah mampu menggeser segi fungsionalisme suatu barang menjadi ketertarikan untuk mengikuti gaya hidup yang terus berubah. Banyak hal yang dapat dijadikan alasan mengapa citra merk menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi konsumen melakukan pembelian, seperti mulai dari kepuasan yang ditawarkan oleh merk tersebut hingga daya tarik social.









10 APLIKASI BLACKBERRY
Saat ini BlackBerry telah menjadi favorit alternative untuk mempermudah komunikasi data hingga pengolahan data saat ini. Seiring dengan maraknya demam BlackBerry ini, kian banyak pula vendor software yang berlomba-lomba untuk membuat third-party applications untuk Si BlackBerry ini. Ratusan third-party application ini dibuat dengan berbagai jenis dan ragam kegunaan untuk membuat BlackBerry An da semakin berarti.

Diantara ratusan third-party applications yang beredar untuk BlackBerry saat ini, setidaknya adda 10 aplikasi penting yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan mampu menambah unjuk kerja dan kegunaan BlackBerry Anda. Dan yang lebih menyenangkan lagi , kesepuluh aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara ‘free’ alias gratis.

1)      VIGO
Vigo adalah sebuah aplikasi pembaca  RSS
(RSS feed reader) yang membantu Anda untuk membaca berita dari RSS favorit Anda serta menyimpan dan membawanya ke manapun Anda pergi.

2)      VLINGO
Walaupun teknologi terbaru BlackBerry telah memakai teknologi speech-recognition untuk melakukan panggilan , namun Vlingo telah maju selangkah lagi , karena dengan teknologi yang sama , vlingo telah mampu membuat suara tersebut melakukan pencarian melalui web
(web search), membuka calendar, bahkan mengirimkan text messages.

3)      GOOGLE  MOBILE
Dengan mempergunakan sebuah aplikasi berjudul Google Mobile ini saja, Anda sudah dapat mengakses berbagai macam layanan Google yang ada , mulai dari email (Gmail), berita (Google News), tracking area (Google Maps) hingga Picassa Photo.

4)      BBNotePad
BBNotePad merupakan sebuah aplikasiplain text editor yang memungkinkan Anda untuk dapat menulis document sepanjang apapun ataupun menulis kode-kode penting yang diinginkan . BBNotePad mempunyai 3 jenis ukuran huruf yang tetap nyaman

untuk mata yang lelah dan menyimpan file dalam bentuk text seperti halnya pada notepad.

5)      GridMagic Communiity Edition
Merupakan sebuah aplikasi keluar Simprit Free Software Community yang memberikan kemampuan pengolahan spreadsheet beserta berbagai fungsi lainnya layaknya aplikasi Microsoft Excel pada windows. Slain itu spreadsheets yang dihasilkan juga dapat langsuung di-emailkan dalam format excel . xls attachments via menu item baru pada BlackBerry.

6)      OPERA MINI
Walaupun BlackBerry secara default telah dilengkapi dengan browser , namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba Opera Mini ini, karena disamping memberikan kenyamanan akses web dalam hal kecepatan rendering dan akurasi. Selain itu OperaMini uga memberikan keleluasaan untuk melakukan zoom in ataupuun zoom out terhadap halaman web yang Anda akses.

7)      MOBIPOCKET READER
Merupakan sebuah aplikasi pembaca e-book yang memudahkan Anda dalam membaca berbagai macam e-book walaupun dalam display layer BB yang kecil serta memungkinkan Anda menambahkan annotations pada saat membaca e-book tersebut.

8)      ISKOOT
Merupakan sebuah aplikasi Skype client yang memungkinkan Anda tetap dapat membuat dan menerima panggilan melalui skype.

9)      TWITTERBerry
Anda tentunya tidah ingin kehilangan kesempatan ber-twitter hanya terkendala jauh dari PC. Kini orangatame Software telah mengeluarkan TwitterBerry, sebuah aplikasi khusus yang memungkinkan Anda tetapi terhubung dengan teman-teman dan berkirim Tweets.


10)  WebMessanger
Dengan mempergunakan WebMessanger ini Anda dapat terhubung dengan teman-teman dan relasi Anda yang berada dalam IM Network.

















Dampak positv dan negative blackberry
saat ini blackberry sudah begitu menjamur dan digunakan oleh hapir seluruh orang di indonesia. tetapi di balik kecangihan yang dapat dilakukan oleh smart phone blackberry sebenarnya ada dampak sosial dan budaya yang terjadi dari penggunaan blackberry yang begitu luas antara lain
kecemburuan sosial yang ditimbulkan dari penggunaan blackberry yang begitu luas membuat perbedaan antara si kaya dan miskin semakin luas dan sulit untuk di kontrol. blackberry bukan hanya menjadi simbol alat komunikasi tetapi sudah menjadi sebuah trend atau pelambangan status sosial seseorang

dampak budaya yang terjadi adalah budaya masyarakat indonesia yang menjadi lebih dinamis akibat kecangihan blackberry sehingga menyebabkan penyebaran informasi antar sesama pengguna blackberry menjadi begitu cepat.
PENGARUH POSITIF dari BLACKBERRY
Sebuah teknologi yang diciptakan tentunya memiliki fungsi dan dampak positif. Berikut ini adalah beberapa dampak positif dari BlackBerry :
  1. BlackBerry memiliki mobilitas yang tinggi. Pemilik BlackBerry dapat berkirim E-mail tanpa harus mengunjungi warnet terdekat.
  2. Pemilik BlackBerry dapat mengetahui berita-berita serta informasi penting yang terdapat di belahan dunia manapun.
  3. Dengan adanya BlackBerry, pemakai tidak perlu repot-repot untuk melihat peta, karena BlackBerry dapat digunakan sebagai alat navigator.









PENGARUH NEGATIF dari BLACKBERRY
Tidak hanya pengaruh positif, BlackBerry juga memiliki dampak yang negatif bagi penggunanya. Beberapa dampak negatif bagi pengguna BlackBerry dan lingkungan di sekitar pengguna :
  1. BlackBerry dapat menyebabkan sang pemakai menjadi ANTI SOSIAL, karena pemakai sudah bisa chatting tanpa harus menemui orang secara langsung.
  2. Tidak jarang BlackBerry menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.
  3. BlackBerry dapat menimbulkan sindrom "gila", karena sering tertawa tanpa ada sebab yang jelas.
  4. Dapat memecah konsentrasi saat bekerja.
  5. Semakin sering kita menggunakan BlackBerry, maka semakin sering kita menghambur-hamburkan uang. Baik uang kita sendiri maupun uang orang tua kita.
  6. BlackBerry dapat membuang waktu sang pengguna dengan fitur BlackBerry Messenger.





















KESIMPULAN

Dapat ditarik kesimpulan dari pembahasan diatas bahwa Blackberry sesungguhnya merupakan kebutuhan semua masyarakat. Karena Blacberry merupakan handphone yang canggih dan memiliki keunggulan-keunggulan yang baik dibandingkan dengan handphone yang lain. Maka tak heran jika berbagai kalangan ingin memiliki si cerdas ini. Biasanya dikalangan masyarakat yang highclass yang rata-rata memiliki ponsel ini sehingga hal ini pun dapat memicu kecemburuan social  bagi yang tidak dapat membelinya. Pada akhirnya ponsel inipun meraja lela dikalangan-kalangan pelajar maupun mahasiswa yang juga berlomba-lomba ingin memiliki blackberry ini walaupun hanya sekedar untuk trand dan gengsi semata.






















PENDAHULUAN

Pada zaman modern ini banyak sekali barang-barang elektronik yang berlomba-lomba menampilkan produknya yang terbaik. Ya, salah satunya adalah BlackBerry. Bentuknya yang elegan dan dinamis membuat semua mata tertuju padanya. Tak hanya bentuknya yang menarik, namun kecanggihannya yang luar biasa membuat orang menjadi tertarik untuk memiliki handphone ini. Blackberry adalah salah satu handphone yang memiliki fasilitas-fasilitas yang lengkap dan berbeda dengan handphone yang lain. Seiring berkembangnya zaman, Blackberry pun menjadi nomer satu di kancah pertelekomunikasian saat ini. Bukan hanya di Indonesia namun di mancanegara. Sama halnya dengan trend, produk keluaran dari Kanada ini sangat menjamur di Indonesia dan negara manapun. Namun yang paling fantastic lagi pengguna Blackberry terbanyak di dunia adalah Indonesia. Ini adalah bukti dimana masyarakat Indonesia sangat tertatarik dengan sesuatu yang berbau elektronik yang canggih. Blackberry biasanya banyak di gunakan di kalangan tertentu-tertentu saja, yang bisa dibilang highclass yang dapat memiliki ponsel ini. Namun dengan tipe BlackBerry yang bermacam-macam dengan bentuk dan fasilitas yang semakin canggih membuat masyarakat tak tahan untuk membelinya. Dengan tipenya yang bermacam-macam harganyapun juga bermacam-macam. Dari mulai harga yang standar sampai yang paling mahal. Alhasil, Blackberry ini langsung merambah diberbagai kalangan masyarakat.








MAKALAH KEBUDAYAAN POPULER
MARAKNYA PENGGUNA BLACKBERRY DI KALANGAN MASYARAKAT








Disusun oleh :
                                  SAFRINA MAHARDIKA       A2A009054
                                  NURUL OKTAVIANI             A2A009040
                                  WINDITA A. HADI                 A2A009039
                                  ACHMAD DWI AFRIYADI   A2A009057
         R0SYIDI SISWANTO                          A2A009066



SASTRA INDONESIA
FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS DIPONEGORO
2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar